10 Cara Menggunakan Bitcoin

Bagi orang-orang awam yang baru ingin memulai terjun di dunia cryptocurrency pasti tertarik dengan crypto paling populer yaitu Bitcoin yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto, kini bernilai lebih dari 100 juta rupiah. Bagi pengguna Bitcoin baru tentu penasaran bagaimana cara menggunakan bitcoin dan untuk membeli Bitcoin pertama mereka.

Bitcoin diciptakan sebagai mata uang virtual peer-to-peer dan mengeliminasi perantara. Sehingga dengan menghindari bank dan pemroses pembayaran, Bitcoin mengembangkan pasar terdesentralisasi di seluruh dunia yang hanya membutuhkan koneksi Internet dan investasi mata uang fiat (mata uang nasional) jika Anda ingin berpartisipasi.

Baca juga : Cara Mendapatkan Bitcoin

Mulai menggunakan bitcoin bisa menyenangkan karena ini adalah teknologi baru. Di banyak negara Bitcoin dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli apa saja yang Anda inginkan. Namun perlu diingat penggunaan Bitcoin di Indonesia hanya legal untuk diperdagangkan sebagai komoditas bukan alat pembayaran.

Berikut adalah 10 cara menggunakan Bitcoin.

Membuat wallet

wallet btc 1

Untuk menggunakan Bitcoin tentunya kamu harus memiliki Bitcoin terlebih dahulu. Banyak cara untuk mendapatkan Bitcoin bisa mining, airdrop, bounty dan lain-lain.

Tentu untuk menyimpan Bitcoin kamu harus memiliki wallet Bitcoin yang bisa kamu buat di platform exchange atau penyedia layanan wallet Bitcoin secara gratis atau berbayar. Wallet Bitcoin bisa menjadi cara untuk mengamankan Bitcoin kamu dari para peretas.

Baca juga : Cara daftar wallet Bitcoin

Jual-beli Bitcoin

Salah satu cara mendapatkan Bitcoin adalah dengan membeli Bitcoin melalui exchange atau bursa aset kripto. Kemudian untuk menggunakannya demi memperoleh keuntungan yaitu dengan memperjualbelikannya dengan memperhatikan selisih harga jual beli Bitcoin.

Bitcoin juga bisa digunakan untuk membeli cryptocurrency lainnya, misal ETH, XRP, LTC dll.

Baca juga : Cara beli Bitcoin

Mining Bitcoin

Untuk mendapat Bitcoin salah satunya bisa dengan cara mining atau menambang Bitcoin. Mining Bitcoin bisa dilakukan sendiri (solo mining) atau dengan menyewa daya dari provider cloud mining.

Investasi jangka panjang

Harga Bitcoin yang terus meningkat meski terlihat fluktuatif juga bisa disimpan untuk dijadikan investasi jangka panjang. Karena bila dilihat dari awal munculnya Bitcoin, harganya kini sudah meningkat 9 juta persen dalam 1 dekade. Perhatikan juga angka yearly-lows Bitcoin yang tiap tahun selalu meningkat.

Beramal

beramal

Bitcoin sebagai mata uang peer-to-peer tanpa perantara bisa digunakan untuk beramal. Pemberian donasi secara langsung ke penerima tanpa perantara, menjadi lebih mudah dan tentu transparan tanpa ada kecurangan.

Membeli barang online

Bitcoin banyak digunakan untuk pembelian produk atau pembayaran secara online. Kamu bisa gunakan Open Bazaar sebuah marketplace terdesentralisasi atau purse.io untuk mendapatkan diskon lebih dari 20% di Amazon.com.

Selain itu, banyak vendor di Etsy dan Shopify juga menerima pembayaran Bitcoin.

Pembayaran subscription

Layanan online seperti jaringan VPN, register nama domain, dan penyedia layanan internet sering mengambil pembayaran Bitcoin.

Membeli giftcard

Kamu bisa membeli giftcard atau kartu hadiah dengan Bitcoin. Ada banyak situs kartu hadiah yang menerima Bitcoin sebagai pembayaran seperti Egifter, Gyft, dll. Kemudian giftcard yang kamu beli bisa digunakan di pengecer online dan toko ritel besar, termasuk Amazon, Starbucks, dan Target

Membeli barang-barang ritel

Bitcoin juga bisa digunakan untuk membeli barang-barang ritel sehari-hari. Jumlah pengecer dan penyedia layanan yang menerima Bitcoin terus bertambah setiap hari. Untuk menemukan toko-toko yang menerima Bitcoin sebagai pembayaran, kamu bisa cek coinmap.org.

Alat lain yang disukai banyak orang adalah kartu debit Bitcoin yang memungkinkan orang memuat kartu debit dengan dana melalui bitcoin.

Memperoleh Bitcoin untuk produk/layanan

Memperoleh Bitcoin untuk produk

Bila kamu seorang freelancer yang menyediakan layanan atau memiliki produk yang bisa dijual, kamu bisa menjadikan Bitcoin sebagai salah satu opsi pembayaran untuk produk/layanan mu. Dengan begitu pelanggan bisa datang dari mana saja karena pembayarannya yang mudah.

Itu dia 10 cara menggunakan Bitcoin yang sudah kamu miliki. Banyak sekali kegunaan dari Bitcoin seperti memudahkan transaksi internasional, berdonasi, dll. Namun perlu diingat di Indonesia sendiri belum bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

The post 10 Cara Menggunakan Bitcoin appeared first on Coinvestasi.