85% Bank Italia Telah Menggunakan Blockchain untuk Verifikasi Transaksi

Bank-bank Italia dikabarkan telah mulai beralih ke sistem blockchain yang baru dan meninggalkan sistem yang lama. Di mana, sebanyak 85% dari bank-bank Italia telah beralih ke blockchain Corda R3 untuk membantu mereka melakukan verifikasi transaksi dan mempermudah proses rekonsiliasi antar bank.

Rekonsilisasi antar bank adalah proses di mana bank memverifikasi pembukuan mereka dan memeriksa log transaksi. Proses rekonsiliasi antar bank ini berdasarkan Perjanjian Antar Bank yang disahkan pada 1978 dan kembali diperbarui sejak Mei 2019 untuk memasukkan standarisasi data.

Bila menggunakan infrastruktur terpusat yang lama, proses rekonsiliasi antar bank Italia bisa memakan waktu hingga 30 hari – 50 hari, bahkan bisa lebih. Sedangkan, setelah beralih ke sistem blockchain Corda R3 proses tersebut bisa dipangkas dan hanya membutuhkan waktu satu hari saja.

Menurut Kepala Inovasi, Asosial Perbankan Italia, Silvia Attanasio, saat ini sebanyak 55 bank Italia atau 85% dari total bank Italia yang beroperasi telah menggunakan platform blockchain untuk melakukan transfer data. Yang mana, platform yang digunakan oleh bank tersebut sudah secara spesifik dirancang oleh NTT Data dan perusahaan teknologi bank SIA yang mengoperasikannya.

Uji coba sudah memasuki fase 2 dan fase 3, dan diharapkan bisa mulai digunakan pada Oktober 2020. Bila sudah mulai digunakan, Asosiasi Perbankan Italia mengharapkan akan ada lebih banyak lagi bank-bank Italia yang bergabung dalam proyek tersebut.

Karena proses rekonsiliasi antar bank sangat penting dalam pertukaran data bagi setiap bank. Tentunya sangat berguna untuk mengetahui jumlah selisih dari saldo kas pada laporan bank pada pembukuan perusahaan, dan mengetahui penyebab selisih saldo kas pada catatan bank dan perusahaan.

Oleh karenanya, infrastruktur blockchain diharapkan bisa mengurangi risiko kegagalan dalam proses rekonsiliasi antar bank yang dilakukan. Selain berfokus kepada peningkatan infrastruktur keuangan dengan blockchain. Asosiasi Perbankan Italia juga dikabarkan akan melakukan uji coba euro digital layaknya seperti yang dilakukan oleh Tiongkok melalui digital yuan di lingkungan perbankan, tetapi hingga kini belum ada kabar terbaru dari lanjutan hal tersebut.

Sumber