Akankah Harga ETH Terpengaruh Penggunaan Ethereum di DeFi yang Terus Meningkat?

Dilansir dari NewsBTC, Binance merilis laporan tentang aplikasi keuangan terdesentralisasi atau DeFi (Decentralized Finance) pekan lalu, yang menyoroti pertumbuhan berkelanjutan dari ekosistem DeFi. Menurut tweet @CryptoWolf, saat penggunaan Ethereum di DeFi terus naik, harga koin ETH akan naik bersamaan.

Binance, bursa kripto yang berbasis di Malta tersebut, menerbitkan laporan ketiganya tentang aplikasi DeFi, dengan fokus utama pada perkembangan di ruang DeFi terkait dengan Ethereum. Laporan tersebut menyatakan bahwa spektrum aplikasi Ethereum lebih luas daripada blockchain lainnya, dan bahwa sebagian besar ekosistem keuangan terdesentralisasi, sejauh ini, sedang dibangun di atas Ethereum.

DeFi, yang didukung oleh jaringan Ethereum, menggunakan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi (DApps) untuk menjalankan fungsinya. Layanan peminjaman (lending and borrowing) menjadi wajah ekosistem DeFi saat ini, terlepas dari beberapa layanan lain yang diberikan DeFi seperti derivatif, bursa terdesentralisasi, pembayaran, dan aset kripto.

Pada 2019, ada lebih dari 40.000 pengguna DeFi baru setiap bulan, yang pada Agustus 2019 menujukkan lebih dari 60.000 pengguna baru. Dari para pengguna baru ini, hanya sebagian kecil yang menggunakan aplikasi keuangan, dengan mayoritas adopsi dilakukan oleh bursa desentralisasi.

Laporan itu juga menyatakan bahwa lebih dari 90% dari semua volume on-chain untuk DApps yang berbasis Ethereum berasal dari aplikasi yang berhubungan dengan DeFi. Laporan itu juga menambahkan bahwa Ethereum dan DeFi telah menjadi “monster berkepala dua” yang masing-masing memimpin pertumbuhan pengembangan lebih lanjut dalam hal yang lain.

Ethereum tidak memiliki tahun yang mengesankan seperti Bitcoin. Akhir 2019 nilai ETH 6% turun. Tetapi pada dasarnya jaringan Ethereum terus meningkat dan sebagian besar karena koneksi dengan DeFi.

Dengan DeFi, selain fakta bahwa sebagian besar aplikasi dibangun di Ethereum, total ETH yang terkunci di DeFi melebihi total Bitcoin yang dikunci di mayoritas industri kripto yang sangat besar.

Tahun 2020 terlihat menjanjikan untuk Ethereum. Menurut DeFiPulse.com, total ETH yang terkunci di DeFi saat ini berada pada ATH (All Time Highs) US$ 3,1 juta.

Sumber: NewsBTC

The post Akankah Harga ETH Terpengaruh Penggunaan Ethereum di DeFi yang Terus Meningkat? appeared first on CoinDaily.