Bank Sentral Eropa Ingin Kembangkan Mata Uang Digital

Dilansir dari CoinDesk, Kepala Bank Sentral Eropa atau ECB (European Central Bank), Christine Lagarde, dalam sebuah wawancara pada Rabu (8/1/2020) dengan majalah bisnis Prancis, Challenges, menegaskan ECB ingin memainkan peran aktif dalam mata uang kripto. Ketika bisnis dan individu melakukan lebih banyak pembayaran lintas negara sepanjang waktu, Lagarde mengatakan bank akan terus mencari kelayakan dan manfaat dari mata uang digital yang diterbitkan bank sentral atau CBDC (Central Bank Digital Currency).”

Lagarde menambahkan bahwa bank tidak ingin menghalangi mata uang kripto yang dibuat di luar lingkupnya. “Prospek inisiatif bank sentral seharusnya tidak mencegah atau menyingkirkan solusi yang dipimpin pasar swasta untuk pembayaran ritel yang cepat dan efisien di kawasan Eropa,” katanya.

“CBDC mungkin memiliki implikasi signifikan untuk sektor keuangan blok Eropa dan perubahan kebijakan moneter ke depan,” kata Lagarde.

ECB membentuk satuan tugas mata uang kripto bulan lalu yang akan bekerja sama dengan bank sentral negara-negara zona Eropa untuk memahami manfaat dan biaya dari kemungkinan CBDC di zona Eropa.

Ketertarikan global pada CBDC datang segera setelah pembukaan Libra Facebook di musim panas. Meskipun Bank Rakyat China (PBOC) telah menyiapkan “digital yuan” selama bertahun-tahun, para pejabat baru mulai membocorkan informasi tentangnya pada akhir musim panas lalu. Ada laporan yang mengungkapkan bahwa inisiatif swasta dapat mengambil pangsa pasar sebelum mata uang pemerintah diluncurkan.

Sebagian besar bank sentral menggambarkan hubungan antara mata uang kripto, CBDC, dan mata uang fiat sebagai eksklusif dan bermusuhan. Gubernur Bank of England, Mark Carney, mengatakan tahun lalu bahwa CBDC yang didukung multi-fiat dapat menggantikan dolar AS sebagai mata uang cadangan global yang dominan.

Meskipun Lagarde mengatakan bahwa mata uang kripto dapat mengatasi banyak masalah, dia mengatakan bahwa mata uang kripto mungkin juga menghadirkan risiko baru bagi pengguna. Bulan lalu, ia menyatakan keprihatinannya bahwa Facebook dapat menggunakan platform digitalnya untuk mengunci operator saingannya dan dengan demikian memperoleh keuntungan yang tidak adil.

Sumber: CoinDesk

The post Bank Sentral Eropa Ingin Kembangkan Mata Uang Digital appeared first on CoinDaily.