Cina: Blokir Semua yang Sebut Blockchain ‘Scam’ dan Peluncuran Mata Uang Digital DCEP

Cina memang tidak pernah main-main soal sensor dan kerap melakukan filter terhadap media yang diakses oleh warganya. Kebijakan ini diterapkan pula dalam mencapai tujuan Cina dalam memanfaatkan teknologi blockchain. Semua yang menyebut blockchain ‘scam’ akan dihapus.

Pidato Presiden Xi Jinping beberapa hari lalu yang menyatakan sikap seriusnya terhadap pemanfaatan teknologi blockchain. Hal ini tentu terlihat dalam tindakan mereka untuk menyensor siapa pun yang tidak setuju dengan teknologi ini.

Akun Twitter @cnLedger baru-baru ini melaporkan bahwa artikel di Cina yang mengklaim blockchain adalah penipuan sekarang dilarang. Benar-benar kebalikan dari kebijakan internet Cina sebelumnya yaitu memusuhi apa pun yang berhubungan dengan cryptocurrency.

Apakah Sikap Cina yang Pro-Blockchain ini Akan Mempengaruhi Cryptocurrency?

Pidato yang disampaikan Presiden Xi beberapa hari lalu dilihat memengaruhi kenaikan harga Bitcoin hingga 40%. Meski begitu masih belum jelas apakah peraturan yang mengekang Ethereum dan Bitcoin akan dilonggarkan.

Tampaknya ada beberapa indikator yang mengarah ke sana. Seperti aplikasi pendidikan paling populer di Cina, Xuexi Qiangguo, sekarang menawarkan kursus yang berfokus pada blockchain – dan bahkan ada pelajaran tentang Bitcoin dan Ethereum.

Tampaknya jelas bahwa cryptocurrency akan memainkan peran yang berkembang dalam dorongan blockchain China, meskipun tidak disebutkan oleh Presiden Xi sendiri.

Rumor Peluncuran Mata Uang Digital Cina DCEP

Menurut video yang dibagikan oleh akun Twitter @BlockJournal, Bank Sentral Cina akan meluncurkan mata uang digital yang disebut DCEP Untuk diuji dan terintegrasi dengan bank komersial terlebih dahulu.

Sumber: beincrypto

The post Cina: Blokir Semua yang Sebut Blockchain ‘Scam’ dan Peluncuran Mata Uang Digital DCEP appeared first on Coinvestasi.