Tanggal 01 – 05 April 2019 Rangkuman Outlook Mingguan Forex

Minggu ini investor akan lihat ke depan untuk laporan ketenagakerjaan pemerintah Amerika Serikat untuk bulan Maret, dengan angka pada perkembangan gaji peluang akan dipantau ketat sesudah Federal Reserve nampaknya tidak pedulikan peluang kenaikan suku bunga tahun ini.

Investor akan mendapatkan pembaharuan mengenai penjualan ritel AS serta kegiatan manufaktur.

Laporan ekonomi ambil signifikansi penambahan sesudah pasar obligasi AS keluarkan peringatan krisis saat imbal hasil Treasury 10-tahun turun dibawah imbal hasil Treasury tiga-bulan untuk kali pertamanya semenjak 2007 awal bulan ini.

Perbincangan perdagangan tingkat tinggi pada AS serta China pula akan jadi konsentrasi saat Wakil Perdana Menteri China Liu He hadir ke Washington untuk berjumpa dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer serta Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Ada pula berita penting Brexit untuk diawasi di dalam kecemasan jika tidak ada persetujuan penarikan akan terwujud sebelum batas waktu 12 April.

Pound Inggris ada dibawah desakan di hari Jumat, dengan GBP/USD jatuh ke level paling rendah 1,2979, sebelum mundur kembali pada 1,3033 di akhir perdagangan.

Mata uang masih jauh diatas tempat paling rendah pada bulan Desember, beberapa sebab “pasar sudah mulai memutuskan harga dalam penundaan yang lama serta itu resiko serta sterling positif,” kata Greg Anderson, kepala global taktik valuta asing di BMO Capital Markets.

Langkah Sterling menyokong Indeks dolar AS – yang bertahan naik 0,05% jadi 96,81 – membantunya sembuh dari penurunan awal mulanya pada laporan data inflasi AS yang lebih lemah dari prediksi, yang meningkatkan kepercayaan jika ekonomi negara kehilangan momen.

Pengeluaran customer AS hampir tidak naik di bulan Januari serta penghasilan naik dikit di bulan Februari. Laporan dari Departemen Perdagangan pula tunjukkan desakan harga berkurang pada Januari, dengan ukuran inflasi keseluruhnya membukukan kenaikan tahunan paling kecil dalam hampir 2-1/2 tahun. Pengeluaran customer memberi lebih dari dua pertiga kegiatan ekonomi Amerika.

Dengan perkembangan yang lebih lamban serta inflasi yang jinak, data hari Jumat memberi dukungan masalah Fed untuk akhiri kampanye pengetatan moneter tiga tahun.

“Itu angka yang lembut,” kata Anderson. “Begitu melegakan jika tidak ada fakta buat Fed untuk meningkatkan suku bunga.”

Euro di hari Jumat ke arah bulan terburuk semenjak Oktober, terbebani oleh kecemasan mengenai perkembangan ekonomi serta tanda berhati-hati dari Bank Sentra Eropa. Pembuat kebijaksanaan memotong prediksi perkembangan untuk ekonomi zone euro awal bulan ini serta meluncurkan putaran baru utang murah ke bank-banknya.

EUR/USD dikit lebih rendah di 1,1216, turun 1,43% untuk bulan ini.

Mendekati minggu mendatang, Investing.com sudah membuat rincian momen terpenting yang peluang akan memengaruhi pasar.

Senin, 1 April

China akan menerbitkan PMI manufaktur Caixin-nya.

Inggris akan melaunching data kegiatan di bidang manufakturnya.

Zone euro akan mempublikasikan data inflasi awal.

AS akan memberikan laporan penjualan ritel serta Institute of Suplai Management akan mempublikasikan indeks pabrikannya.

Gubernur Bank of Canada Stephen Poloz akan bicara.

Selasa, 2 April

Australia akan mempublikasikan data mengenai kesepakatan bangunan.

Reserve Bank of Australia akan menginformasikan suku bunga acuannya serta menerbitkan pengakuan suku bunga, yang menguraikan situasi ekonomi serta beberapa faktor yang memengaruhi ketetapan kebijaksanaan moneter.

Inggris akan mempublikasikan data pekerjaan bidang konstruksi.

AS akan memberikan laporan pesanan barang bertahan lama.

Rabu, 3 April

Australia akan melaunching data penjualan ritel serta perdagangan.

China akan menerbitkan PMI service Caixin-nya.

Inggris melaunching data pada kegiatan bidang layanan.

AS akan mempublikasikan laporan ASF nonfarm payrolls serta indeks non-manufaktur ISM.

Kamis, 4 April

Jerman akan melaunching data pesanan pabrik.

Bank Sentra Eropa akan menerbitkan risalah pertemuan kebijaksanaan moneter terbarunya.

Jumat, 5 April

Pasar keuangan di Tiongkok akan ditutup untuk berlibur.

Di zone euro, Jerman akan memberikan laporan produksi industri.

Kanada akan menerbitkan laporan ketenagakerjaan bulanannya.

AS akan menghimpun minggu ini dengan laporan upah nonpertanian pemerintah untuk bulan Maret. Investing.com