Volume Bitcoin Berjangka Melonjak Hingga $40 miliar, Tertinggi Sejak Maret

Lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini disertai juga dengan meledaknya volume di pasar mata uang crypto.

Menurut data dari Skew Analytics, gabungan jumlah minat terbuka di seluruh pasar Bitcoin berjangka (atau total nilai perdagangan) berhasil mencapai $ 5 miliar, tertinggi sejak sebelum harga Bitcoin jatuh selama peristiwa Black Thursday pada pertengahan Maret lalu.

Minat terbuka ini seperti mencerminkan nilai total dari semua kontrak derivatif aktif pada pasar, gambaran yang tinggi ini biasanya menunjukkan aktivitas investasi yangs sehat terutama jika aset dasarnya mengalami kenaikan harga.

Terlebih lagi, volume perdagangan harian Bitcoin berjangka pada hari Senin, 27 Juli 2020 ketika harga Bitcoin naik 12% menjadi sekitar $11.300, membuatnya berhasil mencapai angka tertinggi kedua yang pernah terjadi. Selanjutnya, pada Selasa, 28 Juli 2020 lalu, gabungan volume di seluruh pasar berjangka teregulasi dan yang tidak, berhasil mencapai kisaran $40 miliar.

Nilai Volume Bitcoin Berjangka Ini Tertinggi Kedua 

Ini harga tertinggi kedua setelah pernah mencatat $50 miliar pada pasar berjangka ketika Black Thursday, 12 Maret 2020. Hari itu adalah hari di mana harga Bitcoin turun bersamaan dengan aksi jual di pasar makro yang membuat ekuitas dan bahkan logam mulia mengalami penurunan. Konteks ini dikaitkan dengan volume harian pasar berjangka Bitcoin yang berkisar pada $15 miliar dalam 30 hari terakhir.

Volume ini mencerminkan tekanan beli yang luar biasa hingga membuat Bitcoin terbang ke atas $10.000. Rally harga Bitcoin juga terjadi saat perak dan emas melonjak. Penjelasan lainnya adalah investor sedang mencari aset alternatif untuk melakukan lindung nilai terhadap inflasi karena bank sentral terus meningkatkan respons fiskal dan moneternya terhadap ketidakpastian ekonomi.

Seperti biasa, sebagian besar volume ini berasal dari bursa pertukaran Bitcoin yang menawarkan produk-produk turunan, terutama OKEx, Binance, Huobi dan BitMEX. Namun, pasar Bitcoin yang teregulasi juga ikut berkembang di tengah kenaikan harga ini.

Pasar berjangka CME juga mengalami hari terbaik kedua dalam catatan dengan volume $1,3 miliar. Bakkt yang juga termasuk pendatang baru dalam industri ini, memiliki hari terbaiknya dengan $122 juta dalam volume Bitcoin berjangka.

Mengingat berita bahwa bank-bank AS sekarang dapat mengendalikan aset-aset digital, volume yang meningkat di pasar kelas institusional Bitcoin bisa menjadi tanda bahwa banyak investor bernilai tinggi beralih ke Bitcoin.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini